Seputar Informasi Unik dan Menarik

Kiat-kiat Memotivasi Diri

Salam sejahtera untuk kita semua... disini saya akan sedikit mengulas tentang bagaimana memotivasi diri anda., Suatu perjalanan kehidupan kadang merasakan apa yang biasa kita sebut sebagai tantangan., antara lain males, BT, Galau dan lainyaa... heheee... dibawah ini ada beberapa tahapan untuk sedikit merefleksikan diri anda.. 







Latihan Konsentrasi
1.    Belajarlah satu jenis buku/materi/ide untuk periode waktu tertentu tanpa interupsi.
2.    Luangkan waktu! Minimal tiap hari untuk melakukan sesuatu yang ingin anda pelajari.
3.    Atau, luangkan waktu anda bersama seorang teman, jadikan dia sahabat anda.
Latihan Refleksi Diri
1.    Berpikirlah kurang lebih 15 detik, sebelum anda mengucapkan sesuatu yang dianggap penting.
2.    Rumuskan pikiran/ide anda sebelum memulai pembicaraan.
3.    Luangkan waktu sesaat (minimal tiap hari) untuk merenung “siapakah aku?”,”kemana arah hidupku?”,”apa tujuan hidupku?”, dan segala pertanyaan pada diri, yang dapat membuat anda mengerti lebih jauh tentang pribadi anda.
Latihan Mendengar
1.    Dengarkan apa yang dikatakan teman,guru,dosen,dan orang tua anda. Coba perhatikan dan pahami setiap perkataan mereka.
2.    Sebelum anda mulai pembicaraan,susunlah kata-kata yang ada dipikiran anda.
3.    Di dalam kelompok,kelas,ruang kuliah, dan sebuah forum,janganlah berbicara pada 5 menit pertama, kecuali diminta. Dengarkan apa yang dikatakan teman-teman anda.
Latihan Bersikap Tenang dan Tidak Agresif
1.    Usahakan jangan mengawali pembicaraan dalam sebuah forum, kecuali pada kondisi tertentu (sebagai ketua rapat/sidang)
2.    Kendalikan diri dan tempatkan diri anda di lingkungan yang tenang.
3.    Saat merasa, anda dikejar waktu (tergesa-gesa), berhentilah sesaat! Imajinasikan, anda berada disuasana yang membuat anda tenang dan nyaman. Kemudian rasakan ketenangan itu masuk kedalam diri anda.
4.    Saat merasa, emosi anda meningkatkan dan tidak ingin orang lain mengetahuinya. Pergilah menyendiri, tenangkan,dan pusatkan perhatian pada diri anda sendiri.

Semoga artikel yang ada dapat bermanfaat untuk teman-teman semuaa....

Salam Persahabatan,, :)
0 Komentar untuk "Kiat-kiat Memotivasi Diri"

Terima kasih atas kunjungannya dan selamat berkomentar, oow iya teman-teman jangan lupa ya klik peluang usaha yang ada disebelah kanan dan bawah.. siapa tau iklan yang ada dapat bermanfaat buat agan-agan semua!!! salam persahabatan :D

Back To Top